Rabu, 16 November 2016

BLH Selidiki Pencemaran Limbah, Ancam Sanksi Pabrik Aluminium



 Polemik limbah pabrik PT Berkat Makmur Abadi sejahtera (BMAS) di Dusun Ngetrep, Desa Sedati, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto akhirnya disikapi BLH Kabupaten Mojokerto. 

BLH menyatakan telah mengambil sampel limbah pabrik pengolahan aluminium tersebut. Bahkan,     BLH akan memberikan sanksi jika memang pabrik yang baru beroperasi satu tahun itu ditemukan menyalahi aturan.

"Yang jelas, kami akan tindak lanjuti keluhan warga yang dibuat resah dengan beroperasinya pabrik itu," ungkap Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, BLH Kabupaten Mojokerto, Moch. Aminudin .
Menurutnya, pasca dugaan pencemaran lingkungan yang dilaporkan warga beberapa hari lalu, mengharuskan BLH melakukan sidak ke lokasi. Tujuannya untuk pengambilan sampel air yang diduga tercemar limbah cair kimia hasil pabrik pengolah aluminium tersebut.

"Jadi, sampelnya nanti kita akan lakukan uji laboratorium untuk mengetahui terkait dampaknya. Tapi harus nunggu sampai 10 hari kerja untuk mengetahui hasilnya," katanya. Kendati demikian, pihaknya mengancam akan melakukan sanksi terhadap pabrik BMAS kalau nantinya hasilnya positif mencemari lingkungan.

Baik secara administratif ataupun teguran. Tak hanya itu, pihak manajemen pabrik tentunya harus bertanggung jawab. Utamanya terhadap rumah warga yang mengalami retak-retak akibat getaran yang ditimbulkan dari mesin pabrik. "Aturannya memang seperti itu. Dan ini sudah menjadi hak warga. Tapi tentunya tinggi kajian dari kami," pungkasnya.(eky)


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html